Pencatatan Transaksi Retur Pembelian dan Retur Penjualan

Bila terjadi pengembalian barang dagang yang sudah dibeli kepada pihak penjual. Maka pihak pembeli akan mencatatnya dalam akun retur pembelian. Sebaliknya pihak penjual akan menerima kembali barang yang sudah dijual tersebut, sehingga dalam hal ini akan mencatat dalam akun retur penjualan.
Pencatatan retur penjualan dalam jurnal yaitu akun retur penjualan di debit dan piutang dagang disisi kredit. Sedang retur pembelian pencatatannya adalah mendebitkan akun utang dagang dan mengkreditkan akun retur pembelian. Pencatatan seperti ini dilakukan apabila transaksi yang terjadi secara kredit. Perhatikan contoh berikut ini.
Tanggal 20 Januari 2000, CV Rian menerima kembali barang telah dijual kepada toko Maju seharga Rp. 400.000,- karena rusak dengan bukti nota kredit nomor 021.
Analisis transaksi:
Penjualan sebelumnya dilakukan secara kredit sehingga dicatat dalam akun piutang dagang. Dengan adanya barang yang diterima kembali maka CV. Rian akan mencatat akun piutang dagang berkurang, yaitu disisi kredit, sedangkan akun retur penjualan dicatat disisi debit. Dalam jurnal dicatat sebagai berikut:
Sekarang bagaimana pencatatan yang dilakukan oleh toko Maju sebagai pihak pembeli?. Perhatikan analisis transaksi berikut:
Analisis transaksi:
Bagi toko Maju sebelumnya telah mencatat dalam akun utang dagang, sehingga pada waktu barang dikirimkan kembali akan mengakibatkan utang dagangnya berkurang yang dicatat disisi debit, dan akun retur pembelian disisi kredit.
Perhatikan jurnal ini.
Setelah Anda pelajari transaksi retur penjualan dan retur pembelian secara kredit, maka retur pembelian maupun retur penjualan juga dapat terjadi secara tunai. Bagaimana mencatatnya ke dalam jurnal?. Baiklah coba Anda kerjakan pencatatan transaksi berikut sebagai latihan.
Tanggal 21 Januari 2001, CV Rian menerima pengembalian sebagian barang yang telah dijual tanggal 18 Januari 2001 yang lalu kepada PD. Setia seharga Rp. 250.000,-
Analisis transaksi:
Jurnalnya:

0 komentar:

Posting Komentar